Friday, February 13, 2015

Tips Menghadapi Ujian Nasional


Hi.. teman-teman sekawan semua yang khususnya untuk kelas XII, wah sudah saatnya sebentar lagi kita akan menghadapi ujian nasional ya.. bagaimana dengan persiapan kalian untuk menghadapi ujian nasional nanti? Persiapkan lah semaksimal mungkin ya karena untuk tahun 2015 ini kita adalah kurikulum terakhir kurikulum 2006, kita harus memperlihatkan bahwa kita cukup hebat untuk mendapatkan nilai sempurna! Oh iya teman-teman saya dengar Ujian Nasional kali ini akan diadakan online ya? Hmm Gosip aja atau benar ya? Kalau menurut saya, sangat tidak efektif dengan adanya Ujian Nasional melalui sistem Online ini, karena mental dari para siswapun tidak dapat diperkirakan akan jadi apa nantinya karena dengan adanya Detik-detik menuju Ujian pun sudah membuat kita stress kan.. Mau seperti apapun nantinya Ujian Nasional tetap harus kita laksanakan ya teman hihi..
Okay, saya mau bagi tips nih untuk teman-teman semua yang mempersiapkan untuk UN ..
  1. Belajar
Ya, yang satu ini udah Mutlak harus dilakuin ya teman-teman karena tanpa belajar kita tidak bisa apa-apa, tidak tau apa-apa dan bisa bahaya kalau kita gak belajar dan nantinya malah pura-pura pingsan waktu UN kan gak lucu ya.. Nah menurut saya tips yang paling praktis untuk belajar supaya gak terlalu menyita waktu adalah : Buat to do list
Nah kawan, to do list ini penting buat kita yang susah ngatur waktu, caranya gampang aja kalian cuman butuh selembar kertas besar yang bisa kalian tempel dimanapun kalian mau misalnya di dinding dekat saat kalian bangun tidur, saat kalian buka mata kalian teringat dengan to do list tersebut seperti kalian harus mandi jam sekian, makan, dan usahakan buat kalian yang muslim lebih baik jika kalian lakukan shalat malam/tahajud yang paling baik jam 02.00 wib nah udah shalat tahajud kalian bisa tidur lagi sampai jam 4 subuh dan belajar jam segini paling enak lho, sebab otak kita fresh dan bisa menyerap pelajaran dengan baik. dan disekolah sih udah ga perlu ditanya kalian pasti bakal belajar. Usahakan ya teman teman kalau saat ini belajar menjadi kewajiban kedua setelah shalat karena persiapan sejak sekarang lebih baik daripada kalian memaksakan saat UN benar-benar sudah saatnya. Ringkas atau rangkum pelajaran yang kalian pelajari dan hapalkan diwaktu senggang kalian daripada kalian buka twitter,facebook,instagram dll lebih baik kalian libur dulu dan fokuslah untuk UN ini. karna apa? UN adalah harga diri kalian sampai kalian besar nanti, wah memang dasar ya belajar 3 tahun hanya di tentukan oleh UN, kalau kalian mendapat nilai kecil dibawah 5,00 sangatlah malu untuk membandingkannya dengan teman kalian yang nilai UN nya 7,00 atau 8,00 dan lebih. Maka dari itu saya tegaskan Belajar,belajar,belajar!

2. Berdoa

nah kalau yang ini memang sudah seharusnya kalian lakukan sehari-hari ya teman.. Berdoa adalah salah satu media untuk kita mendekatkan diri kepada tuhan, dan apapun kepercayaan kalian saat kalian berdoa tuhan pasti selalu mendengar kita, berdoalah dan meminta supaya kita dilancarkan apapun yang kita lakukan dan terutama untuk Ujian Nasional ini, dan jangan lupa untuk meminta maaf pada kawan-kawan dan ibu/bapak guru kalian agar kalian bisa Lulus dan mendapatkan nilai terbaik di ujian nanti.. yang paling wajib adalah doa Ayah Ibu kalian, ini adalah doa paling ampuh untuk keselamatan dan kelancaran kalian hehe. Oleh karena itu, perbanyaklah Ibadah! untuk muslim, banyaklah puasa seperti senin kamis, shalat malam, shalat duha, shalat wajib itu sudah pasti harus, banyak berdoa membaca al-quran dan tawakal serahkan semuanya pada Allah Swt,

3. Lakukan Hal-Hal Yang Baik

tips ketiga ini, kenapa harus melakukan hal-hal yang baik? karena untuk mendukung atau melengkapi segala usaha kamu seperti belajar dan berdoa, misalnya kalian memulai dengan membantu teman kalian yang kesulitan memahami pembelajaran fisika, kalian sering memberi sedekah, mengucapkan hal-hal yang baik dan enak didengar, berbuat baik pada siapapun orang itu, dan ingat teman sekarang bukanlah waktunya kalian mencari musuh ataupun meladeni orang yang tidak suka dengan kamu, tetapi sekarang waktunya memaafkan segala apapun yang membuat kalian pusing dan sebaiknya ikhlaskanlah segala sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan kalian. Selalu positif thinking adalah hal yang kalian harus lakukan karena manfaatnya membuat kalian selalu melakukan hal yang baik. hal yang baik ini akan membuat amal kalian semakin bertambah dan tuhan pun makin sayang dengan kita! kita pun semakin dibukakan pintu menuju kesuksesan ! Aamiin yra..

Nah teman meskipun tips saya hanya sedikit tetapi saya harap bisa menjadi motivasi untuk kalian menghadapi UN nanti, dan saya doakan semoga siswa tahun ini lulus dengan nilai yang memuaskan! serta masuk ke perguruan tinggi negeri yang diinginkan! Salam Sukses!



No comments:

Post a Comment